Waktu itu sangat berharga, walaupun setiap kita memilikinya secara gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun waktu sangatlah berharga.
Setiap detik, menit, jam, hari, minggu, bulan dan tahun yang terlewat begitu saja tanpa melakukan action yang bermanfaat sangatlah merugi. Setiap darinya yang telah berlalu meninggalkan tidak akan pernah kembali.
Terlebih untuk para remaja, yang mana mereka suka menghamburkan waktunya begitu saja. Tidak menuangkan dalam ke dalam teko-teko kebaikan. Padahal jika waktu yang berharga itu dimanfaatkan dengan semaksimal dan sebaik-baiknya maka sudah berapa karya yang telah terlukiskan.
Oleh karenanya muslimplus mau sharing buat teman-teman tips bagaimana mengatur waktu dengan baik.
Yaudah engga usah memperlama lagi kita langsung aja.
1. Use a To Do List
Buat daftar kegiatan yang harus kamu lakukan. Tidak hanya sebagai pengingat tapi juga sebagai alat agar kita bisa mengatur waktu kapan harus selesai dan berapa lama kegiatan itu dikerjakan.
2. Get Set In Your Ways
Buat rutinitas harian kamu dengan detail. Manajemen waktu yang baik itu menunjukkan organisasi yang baik pula.
3. Break It Up!
Pecahkan tugas besar kamu menjadi tugas-tugas kecil agar memudahkan kamu untuk menyelesaikannya karena kamu sudah menyelesaikan tiap langkah satu persatu.
4. Be Realistic
Jangan memasang target waktu yang tidak masuk akal, berikan waktu tambahan dari estimasi waktu yang diperkirakan.
5. Pick Up a Good Habit
Buat kebiasaan baru yang bisa membuat waktu kamu lebih berharga.
6. Big Messes Start With Little Piles
Selesaikan pekerjaan kamu. Buang segala sesuatu yang tidak dibutuhkan lagi begitu kamu sudah menggunakannya sebelum itu memenuhi ruangan.
7. Start Tomorrow Tonight!
Biasakan untuk mempersiapkan hal-hal yang akan dilakukan besok pada malam sebelumnya, seperti mempersiapkan baju yang akan dipakai besok atau menaruh semua hal yang akan diperlukan pada tempatnya, karena ini akan membuat waktu kita lebih efisien.
8. Don’t Forget To Write Yourself a Note
Gunakan reminder (pengingat) pada To Do List utama kamu. Gunakan HP atau alarm jam tangan!
9. Schedule a Task
Hal termudah untuk dapat mengerjakan apa yang ingin kamu kerjakan ialah membuat jadwal.
10. First Things First
Buat prioritas pekerjaan lalu buat jadwal pada waktu yang sesuai. Menurut pengarang buku “Seven Habits” Stephen R. Covey ada 4 level kepentingan dengan mempertimbangkan dua aspek, urgency (kemendesakan) dan importancy (kepentingan) yaitu: (1) urgent dan important, (2) tidak urgent tapi important, (3) urgent tapi tidak important, (4) tidak urgent dan tidak important.
11. Learn to Say No!
Belajar untuk menolak ajakan yang tidak penting dan dapat menggangu tapi lakukan dengan sopan. Kita harus fokus terhadap waktu kita. Stay focus!
12. The Pause that Refreshes
Buat jeda waktu untuk istirahat pada jadwalmu. Ini akan membuat kita refresh dan fokus akan “Apa yang dilakukan selanjutnya?”
Gimana, oke kan?
Ya udah semoga tips-tips yang muslimplus bagikan bisa bermanfaat buat temen-temen semua. Dan semoga temen-temen juga bisa mengaplikasikan dalam kesehariannya, baik disekolah, pesantren, atau kampus.
– Jember, asrama diatas kasur. 4 Oktober 2016.
Sumber: rhanu.web.id
Penulis: Fitra Aryasandi
Artikel: muslimplus.or.id